Kelas 1 tema 8 subtema 3 revisi 2017 soal

Kelas 1 tema 8 subtema 3 revisi 2017 soal

Kelas 1 tema 8 subtema 3 revisi 2017 soal

Menjelajahi Lingkungan Sekitar: Pembelajaran Inovatif Kelas 1 Tema 8 Subtema 3 (Revisi 2017)

Kurikulum 2013 yang terus berkembang, termasuk revisi pada tahun 2017, telah membawa perubahan signifikan dalam pendekatan pembelajaran di sekolah dasar. Salah satu tema yang kaya akan potensi eksplorasi dan pengembangan diri siswa kelas 1 adalah Tema 8: Lingkungan, yaitu dengan fokus pada Subtema 3: Aku Suka Lingkungan Sekitar. Tema ini dirancang untuk membangkitkan rasa ingin tahu, kepedulian, dan pemahaman siswa terhadap lingkungan yang mereka tinggali sehari-hari.

Filosofi di Balik Subtema 3: Aku Suka Lingkungan Sekitar

Subtema 3 ini berakar pada filosofi bahwa anak usia dini belajar paling efektif ketika mereka dapat terhubung dengan dunia nyata di sekitar mereka. Lingkungan sekitar, baik itu rumah, sekolah, taman, atau bahkan jalan yang mereka lewati, adalah laboratorium hidup yang tak terbatas bagi anak-anak. Pembelajaran diarahkan untuk membantu siswa:

Kelas 1 tema 8 subtema 3 revisi 2017 soal

  • Mengamati dan Mendeskripsikan: Mengembangkan kemampuan observasi untuk mengenali berbagai elemen di lingkungan sekitar.
  • Mengidentifikasi dan Mengklasifikasi: Mengenali perbedaan dan persamaan antar objek di lingkungan, serta mengklasifikasikannya berdasarkan ciri-ciri tertentu.
  • Memahami Hubungan Sebab Akibat Sederhana: Mulai memahami bagaimana tindakan manusia dapat memengaruhi lingkungan.
  • Mengembangkan Sikap Positif: Menumbuhkan rasa cinta, bangga, dan tanggung jawab terhadap lingkungan.
  • Menerapkan Pengetahuan dalam Kehidupan Sehari-hari: Mengintegrasikan apa yang dipelajari ke dalam perilaku sehari-hari, seperti menjaga kebersihan.

Kompetensi Inti dan Dasar yang Dituju

Revisi 2017 dari Kurikulum 2013 menekankan pada pengembangan aspek spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan secara holistik. Dalam Subtema 3 ini, beberapa Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang relevan akan dikembangkan, antara lain:

  • KI 1 & 2 (Spiritual dan Sosial): Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru. Ini tercermin dalam kegiatan menjaga kebersihan lingkungan bersama, berbagi informasi tentang lingkungan, dan menghargai pendapat teman.
  • KI 3 (Pengetahuan): Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. Dalam subtema ini, siswa akan belajar tentang berbagai jenis lingkungan, ciri-cirinya, serta hubungan antara komponen di dalamnya.
  • KI 4 (Keterampilan): Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. Siswa akan dilatih untuk mendeskripsikan lingkungan dalam bentuk lisan, tulisan sederhana, gambar, atau bahkan melalui permainan peran.
READ  Bank Soal Tema 1 Kelas 2 SD: Fondasi Pembelajaran "Hidup Rukun" yang Efektif

Materi Pembelajaran dalam Subtema 3: Aku Suka Lingkungan Sekitar

Subtema 3 ini umumnya mencakup beberapa topik kunci yang dirancang untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang lingkungan sekitar:

  1. Lingkungan Tempat Tinggalku:

    • Identifikasi Lingkungan: Siswa diajak untuk mengenali lingkungan di sekitar rumah mereka. Ini bisa meliputi rumah, jalan, taman, sawah, sungai, atau permukiman lain.
    • Ciri-ciri Lingkungan: Membahas ciri-ciri fisik lingkungan, seperti adanya pepohonan, bangunan, aliran air, udara bersih/kotor, dan lain-lain.
    • Penduduk Lingkungan: Mengenal orang-orang yang tinggal di lingkungan tersebut, seperti tetangga, penjual, tukang kebun, dll.
    • Permainan: Permainan sederhana seperti "Gambar Lingkungan Rumahku", "Lingkungan Impianku", atau "Siapa Tinggal di Mana".
  2. Manfaat Lingkungan Sekitar:

    • Sumber Daya Alam: Memahami bahwa lingkungan menyediakan sumber daya yang bermanfaat bagi manusia, seperti air untuk minum dan mandi, udara untuk bernapas, tanah untuk bercocok tanam, dan tumbuhan sebagai sumber makanan atau bahan bangunan.
    • Tempat Bermain dan Rekreasi: Menyadari bahwa lingkungan yang asri dan bersih menjadi tempat yang menyenangkan untuk bermain dan beraktivitas.
    • Kesehatan: Memahami kaitan antara lingkungan yang bersih dengan kesehatan tubuh. Lingkungan yang kotor dapat menyebabkan penyakit.
    • Kegiatan: Diskusi tentang manfaat sungai, manfaat pohon, manfaat taman. Aktivitas membuat poster sederhana tentang "Lingkungan Sehat, Tubuh Kuat".
  3. Merawat Lingkungan Sekitar:

    • Menjaga Kebersihan: Memahami pentingnya membuang sampah pada tempatnya, membersihkan halaman, dan tidak mencemari sumber air.
    • Menanam Tumbuhan: Mengenalkan kegiatan menanam bunga, sayuran, atau pohon sebagai cara merawat dan memperindah lingkungan.
    • Menghemat Penggunaan Sumber Daya: Membiasakan diri untuk tidak membuang-buang air, mematikan lampu jika tidak digunakan, dan sebagainya.
    • Tanggung Jawab Bersama: Menekankan bahwa merawat lingkungan adalah tanggung jawab semua orang.
    • Kegiatan: Praktik membuang sampah pada tempatnya, menyiram tanaman, membersihkan meja setelah makan. Bernyanyi lagu "Buanglah Sampah Pada Tempatnya".

Pendekatan Pembelajaran yang Efektif

Pembelajaran di kelas 1 Tema 8 Subtema 3 menekankan pada pendekatan yang berpusat pada siswa, aktif, kreatif, dan menyenangkan. Beberapa strategi yang dapat diterapkan guru antara lain:

  • Pembelajaran Kontekstual: Mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman nyata siswa. Guru dapat mengajak siswa melakukan observasi langsung di luar kelas atau menggunakan gambar dan video yang relevan.
  • Pembelajaran Berbasis Proyek Sederhana: Siswa dapat terlibat dalam proyek kecil seperti membuat taman mini di kelas, mengumpulkan gambar jenis-jenis tumbuhan di sekitar sekolah, atau membuat poster kampanye kebersihan.
  • Diskusi dan Tanya Jawab: Mendorong siswa untuk bertanya, berbagi pengamatan, dan menyampaikan pendapat mereka tentang lingkungan.
  • Permainan Edukatif: Menggunakan berbagai permainan, baik di dalam maupun di luar kelas, untuk memperkuat pemahaman konsep. Contohnya: permainan peran sebagai petugas kebersihan, permainan mencocokkan gambar lingkungan dengan manfaatnya, atau permainan menyusun puzzle lingkungan.
  • Pemanfaatan Media Visual dan Audiovisual: Menggunakan gambar, poster, video, dan lagu-lagu yang bertema lingkungan untuk menarik perhatian siswa dan memperjelas materi.
  • Pembelajaran Kooperatif: Mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok saat melakukan tugas-tugas tertentu, seperti membersihkan area kelas atau membuat karya seni bersama.
READ  Menguak Kedalaman Pembelajaran: Bank Soal Sridianti Matematika Wajib SMA Kelas XI Semester 2, Panduan Lengkap Menuju Penguasaan Konsep

Contoh Aktivitas Pembelajaran yang Menggugah

Mari kita lihat beberapa contoh aktivitas yang dapat diimplementasikan di kelas 1 untuk Subtema 3:

  • "Jalan-Jalan Lingkungan Sekolah": Guru mengajak siswa berkeliling lingkungan sekolah. Siswa diminta mengamati apa saja yang mereka lihat (bangunan, taman, pohon, tempat sampah, dll.). Guru membimbing siswa untuk mendeskripsikan apa yang mereka lihat menggunakan kalimat sederhana.
  • "Album Lingkungan Impianku": Siswa diminta menggambar atau menempel gambar tentang lingkungan seperti apa yang mereka inginkan. Kemudian, mereka diminta menceritakan mengapa mereka menyukai lingkungan tersebut. Guru dapat membimbing siswa untuk menambahkan elemen-elemen seperti pohon rindang, taman bunga, atau tempat bermain yang bersih.
  • "Kotak Misteri Sampah": Guru menyiapkan beberapa jenis sampah (daun kering, kertas bekas, botol plastik, kulit buah). Siswa diminta mengambil satu per satu, mengamati, dan mendiskusikan apakah sampah tersebut bisa diolah kembali (daur ulang) atau harus dibuang. Ini menjadi awal pengenalan konsep sampah organik dan anorganik.
  • "Membuat Kompos Sederhana": Jika memungkinkan, guru dapat memfasilitasi pembuatan kompos sederhana dari sisa-sisa daun dan bahan organik lainnya. Siswa diajak melihat bagaimana sampah bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk menyuburkan tanaman.
  • "Menanam Pohon di Pot": Setiap siswa atau kelompok siswa menanam satu biji atau bibit tanaman di pot kecil. Mereka kemudian bertanggung jawab untuk menyiram dan merawatnya. Ini menanamkan rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap makhluk hidup.
  • "Lagu dan Gerak Lingkungan Bersih": Menggunakan lagu-lagu seperti "Buanglah Sampah Pada Tempatnya" atau lagu ciptaan guru yang bertema lingkungan, lalu diiringi dengan gerakan sederhana yang menirukan aktivitas menjaga kebersihan.

Penilaian yang Komprehensif

Penilaian dalam Subtema 3 ini tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga pada proses pembelajaran siswa. Bentuk penilaian yang dapat digunakan meliputi:

  • Observasi: Guru mengamati partisipasi siswa dalam diskusi, kemampuan mereka berinteraksi dengan teman, dan sikap mereka saat melakukan kegiatan.
  • Penilaian Kinerja: Menilai kemampuan siswa dalam mendeskripsikan lingkungan, menggambar, atau melakukan tugas-tugas praktis seperti membuang sampah pada tempatnya.
  • Penilaian Produk: Menilai hasil karya siswa, seperti gambar, poster, atau kompos mini yang mereka buat.
  • Penilaian Lisan: Melalui tanya jawab untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang diajarkan.
  • Jurnal Reflektif Sederhana: Siswa dapat diajak untuk menggambar atau menulis (dengan bantuan guru) apa yang mereka pelajari atau rasakan setelah mengikuti pembelajaran.
READ  Kebudayaan indonesia untuk kelas 3 soal bahasa

Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran

Meskipun kaya akan potensi, implementasi Subtema 3 ini mungkin menghadapi beberapa tantangan, seperti:

  • Keterbatasan Sarana dan Prasarana: Beberapa sekolah mungkin tidak memiliki akses mudah ke lingkungan alam yang beragam.
    • Solusi: Memanfaatkan lingkungan sekolah semaksimal mungkin, menggunakan gambar, video, atau bahkan mengajak siswa berimajinasi. Mengadakan "hari lingkungan" di mana siswa diminta membawa contoh-contoh dari rumah (misalnya, daun dari berbagai jenis pohon).
  • Perbedaan Latar Belakang Siswa: Siswa datang dari berbagai lingkungan dengan kondisi yang berbeda.
    • Solusi: Guru perlu peka terhadap perbedaan ini dan memfasilitasi diskusi yang menghargai keberagaman lingkungan tempat tinggal siswa. Fokus pada nilai-nilai universal seperti pentingnya kebersihan dan kepedulian.
  • Keterbatasan Waktu: Cakupan materi yang luas membutuhkan alokasi waktu yang memadai.
    • Solusi: Mengintegrasikan pembelajaran tema ini dengan tema lain jika memungkinkan, atau memecah materi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan fokus pada satu aspek dalam satu sesi pembelajaran.

Kesimpulan

Subtema 3 "Aku Suka Lingkungan Sekitar" dalam Tema 8 Revisi 2017 adalah sebuah jembatan penting antara dunia anak dengan lingkungan hidupnya. Melalui pendekatan yang inovatif, aktif, dan kontekstual, guru dapat membimbing siswa kelas 1 untuk tidak hanya mengenal lingkungan mereka, tetapi juga menumbuhkan rasa cinta, tanggung jawab, dan kepedulian. Pembelajaran ini bukan sekadar transfer pengetahuan, melainkan pembentukan karakter generasi muda yang peduli terhadap kelestarian alam demi masa depan yang lebih baik. Dengan terus beradaptasi dan berinovasi, pendidik dapat menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan berdampak bagi para siswa di tahun-tahun mendatang.

>

admin
https://udindonesia.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *